MEDIA PENGAJARAN AL-QURAN

BILQIS TV adalah channel Youtube yang berisi konten Islam yaitu pembelajaran Al-Quran dengan metode BILQIS cara cepat dan mudah membaca Al-Quran standar Imam Masjidil Haram.
BILQIS TV ini dikelola oleh Yayasan BILQIS CENTER INDONESIA yang dipimpin oleh Ustadz Abdul Roziq yang merupakan pakar irama tartil Quran. Channel tersebut bertujuan agar dakwah Al-Quran lebih tersebar kepada seluruh umat manusia, dengan harapan setelah melihat konten dalam BILQIS TV tersebut umat menjadi semangat untuk belajar Al-Quran.

SEJARAH BILQIS TV

Channel Bilqis TV dibuat pada tahun 2016, pada zaman  Youtube mulai digemari oleh masyarakat, tim BILQIS TV mulai meng-upload video-video tutorial cara cepat membaca dan mengiramakan Al-Qur’an hingga saat ini sudah 70 video lebih yang telah  di-upload ke media sosial Youtube dan sudah mencapai 42 ribu subscriber.
[1]

Program siaran ini berawal ketika Ustadz Abdul Roziq yang merupakan pengisi acara dalam siaran tersebut menemukan metode baca Quran yang menarik yaitu metode BILQIS, yang juga merupakan metode yang diterapkan pada channel Youtube BILQIS TV.
Dalam wawancara peneliti mengenai sejarah berdirinya BILQIS TV. Peneliti melakukan wawancara dengan salah satu staf dari Yayasan Bilqis Center Indonesia yaitu Siddik Arianto. Sebagaimana dituturkan sebagai berikut :
“Pada tahun 2015 Ustadz Abdul Roziq mengisi sebuah tausiyah dan diakhiri dengan training singkat metode BILQIS, setelah Training tersebut jamaah merasa senang. Salah satu diantara jamaah tersebut adalah direktur dari Stasiun TV lokal yaitu TV Muhammadiah (TV MU) beliau pun tertarik dan berencana untuk mengadakan program mengaji dengan Ustadz Abdul Roziq sebagai pemateri pada program tersebut. Program tersebut disiarkan untuk bulan Ramadhan pada tahun 2015, dan akhirnya mendapatkan respon yang baik dari penonton sehingga program tersebut disiarkan ulang tahun 2016.
Setelah melihat begitu canggihnya teknologi pada era tersebut, dan masyarakat mulai beralih ke jaringan Internet terutama media sosial akhirnya Ustadz Roziq dan Tim mulai meng-upload program siaran dari TV MU ke media sosial YouTube dan mendapatkan izin dari Stasiun TV MU.”
[2]

Selanjutnya peneliti gambarkan bagaimana perkembangan channel BILQIS TV saat ini dengan wawancara kepada staf lain dari Yayasan Bilqis Center Indonesia yaitu Achmad Bukhori Muslim. Berikut hasilnya :
“Hingga saat ini video tutorial yang pertama diupload sudah mencapai 1,3 juta viewers. Selain mudahnya dalam mengakses media sosial YouTube, karena konten yang menarik dan menyenangkan membuat channel BILQIS TV gemar dikunjungi oleh pengguna Youtube terkhusus yang ingin mempelajari Al-Qur’an dan mencari pembelajaran Al-Qur’an yang mudah. Program ini membantu dakwah Islamiyah dan pendidkan Al-Quran dengan terus eksis mewarnai jaringan internet dengan konten-konten pembelajaran Al-Quran. Sehingga dapat menyaingi pengguna lain yang menggunakan salah satu sarana dakwah ini untuk kepentingan yang tidak bermanfaat bahkan banyak mengandung madlorot (suatu perbuatan yang dapat menimbulkan kerusakan”.
[3]






[1]
Bilqis Management, Profil Program Yayasan Bilqis Center Indonesia, (Tangerang Selatan)

[2]
Wawancara Pribadi dengan Sidik Arianto, Tangerang, 20 September 2018

[3]
Wawancara Pribadi dengan Achmad Bukhori Muslim, Tangerang, 20 September 2018